my profil

Rabu, 02 September 2015

DAERAHKU


Pacitan adalah dimana tempat saya dilahirkan dan dibesarkan. Kabupaten Pacitan terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di utara, Kabupaten Trenggalek di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) di barat. Sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan kapur, yakni bagian dari rangkaian Pegunungan Kidul. Dipacitan juga terdapat budaya,makanan, dan ciri khas.
Makanan Khas Pacitan
1.Nasi Tiwul

Nasi tiwul khas Pacitan ini terbuat dari bahan dasar gaplek. Gaplek sendiri merupakan dari singkong yang telah dikeringkan. Nasi tiwul ini memiliki rasa yang sangat nikmat apalagi bila disantap saat perut lapar, nasi tiwul khas Pacitan ini menjadi menu yang paling banyak dicari para wisatawan yang berkunjung ke Pacitan. Biasanya nasi tiwul khas Pacitan dihidangkan dengan urap dan ikan bakar,lalu ditambahkan dengan sambal sehingga rasanya semakin mantab.
2. Kupat Tahu

Kupat tahu khas Pacitan ini terdiri dari potongan-potongan kupat, bisa juga llontong di campur dengan tahu. Sebagai perlengkapanya ditambah taburan kacang goreng, seledri, dan taoge terakhir diriram dengan kuah yang khas. Sebagai pelengkap makanan khas yang satu ini disantap dengan kerupuk
3. Punten



Punten ini merupakan makanan berbahan dasar beras yang diaron dengan santan dan ditumbuk halus kemudian dipotong kotak-kotak. Biasanya makanan khas pacitan ini dinikmati dengan cara dicolekkan pada sambel trasi. Sehingga makanan ini menjadi unik dan khas.

Budaya Pacitan

Di Pacitan banyak sekali budaya, salah satunya upacara adat yang ada di beberapa daerah di Pacitan.
1.Petik Pari
            Upacara adat petik pari dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Bandar sebagai upacara permohonan dan rasa syukur kepada Tuhan. Upacara ini dilakukan menjelang panen tiba yaitu pada malam hari.

2. Kethek ogleng
            Tari Kethek Ogleng diciptakan Oleh Pak Sutiman warga Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan. Tarian ini terinspirasi dari gerakan-gerakan kethek atau monyet.

3. Jaranan Pegon
            Jaranan Pegon merupakan budaya tradisional dari Desa Mangunarjo Kecamatan Arjosari. Kesenian ini dilaksanakan saat warga mempunyai hajatan.

4. Mantu Kucing
            Mantu Kucing merupakan upacara adat meminta hujan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Purworejo Kecamatan Pacitan.
5. Ceprotan Ceprotan merupakan upacara adat betrsih desa yang dilakukan oleh Masyarakat Desa Sekar. Ceprotan biasanya dilaksanakan tiap minggu kliwon atau senin kliwon pada bulan longkang.

Ciri Khas Pacitan
Belum lama ini Pacitan mengeluarkan karya terbaru berupa lukisan Wayang beber yang kemudian dikukuhkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai lukisan wayang terpanjang di Indonesia. Lukisan wayang ini ternyata tidak hanya terpanjang di Indonesia tetapi masuk rekor terpanjang se-dunia. Selain itu, kekayaan alam Kota Pacitan tak kalah menarik bagi para pelancong. Sebab selain hamparan pantai yang terletak dipesisir kota, wilayah pegunungannya pun menjadi daya tarik tersendiri. Sebab di pegunungan di Pacitan terdiri dari pegunungan batu kapur yang banyak terdapat goa-goa berukuran kecil hingga besar. Bahkan terdapat goa yang hingga menembus aliran sungai. Karena banyaknya goa, sering sekali Pacitan disebut sebagai kota 1001 goa. Hal ini karena banyaknya goa yang terdapat di pengunungan batu tersebut. Salah satu goa yang terkenal di Kota Pacitan adalah goa gong yang didalamnya terdapat banyak stalaktit aktif. Goa gong sendiri merupakan goa terindah yang ada di Indonesia. Bahkan di Asia Tenggara hanya goa gong yang diakui memiliki keindahan di dalamnya.

Disini terkenalnya kota 1001 goa karena saking banyaknya goa di Pacitan. Bahkan goa gong masuk goa terindah se-Asia Tenggara. Kota Pacitan memang dikelilingi oleh gunung batu, namun tak semua gunung yang ada di Pacitan merupakan gunung batu. Gunung batu kapur hanya berada di sepanjang pesisir pantai kota Pacitan saja, selebihnya merupakan gunung-gunung tanah.Keindahan goa gong ini bahkan diamabidan di rumah dinas Bupati Pacitan, Indartato. Dari gambar itu terlihat keindahan isi goa gong yang terdiri dari stalaktit aktif yang masih dialiri oleh air. Menurut pengakuan warga sekitar goa-goa yang ada di Pacitan sangat banyak. Bahkan tak semua warga menghafal satu persatu nama goa yang ada di Pacitan. Namun yang terkenal dengan keindahannya sampai ke Asia Tenggara hanyalah goa gong tersebut.



Daerahku Pacitan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar